Echocardiographi

Ekokardiografi, juga dikenal sebagai ekografi jantung (disingkat gema jantung atau hanya gema), adalah USG jantung. Ini adalah jenis pencitraan medis jantung, menggunakan ultrasonografi standar atau ultrasonografi Doppler.[1] Citra visual yang terbentuk dengan menggunakan teknik ini disebut ekokardiogram.

Ekokardiografi telah digunakan secara rutin dalam diagnosis, manajemen, dan tindak lanjut pasien dengan penyakit jantung yang dicurigai atau diketahui. Ini adalah salah satu modalitas pencitraan diagnostik yang paling banyak digunakan dalam kardiologi. Ini dapat memberikan banyak informasi bermanfaat, termasuk ukuran dan bentuk jantung (kuantifikasi ukuran ruang internal), kapasitas pemompaan, lokasi dan tingkat kerusakan jaringan, dan penilaian katup. Ekokardiogram juga dapat memberi dokter perkiraan fungsi jantung lainnya, seperti perhitungan curah jantung, fraksi ejeksi, dan fungsi diastolik (seberapa baik jantung berelaksasi).

Ekokardiografi adalah alat penting dalam menilai kelainan gerakan dinding pada pasien dengan dugaan penyakit jantung. Ini adalah alat yang membantu dalam mencapai diagnosis dini infark miokard, menunjukkan kelainan gerakan dinding regional. Juga, penting dalam pengobatan dan tindak lanjut pada pasien dengan gagal jantung, dengan menilai fraksi ejeksi.[2][3]